V Biz

PT Martina Berto Tbk Catat Kinerja Positif di 2024 Optimis Capai Pertumbuhan 17% di 2025

95
×

PT Martina Berto Tbk Catat Kinerja Positif di 2024 Optimis Capai Pertumbuhan 17% di 2025

Sebarkan artikel ini
MBTO tidak hanya menghadirkan produk kecantikan, tetapi juga mengedepankan nilai keberlanjutan, pemberdayaan perempuan, serta inovasi berbasis bahan alam.

Venomena.id –  PT Martina Berto Tbk (“MBTO”), pelopor industri kecantikan berbasis kearifan lokal, hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2024.

Dalam Rapat tersebut, seluruh laporan tahunan dan keuangan telah disetujui dan disahkan oleh para pemegang saham.
Pada tahun 2024, MBTO berhasil membukukan laba kotor sebesar Rp 173,38 miliar, meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 145,79 miliar.

Di tengah dinamika global dan tantangan ekonomi nasional, Perseroan tetap mencatatkan pertumbuhan positif dan menatap tahun 2025 dengan optimisme. MBTO menargetkan peningkatan penjualan bersih sebesar 17%, atau mencapai sekitar Rp 507 miliar di 2025 dari realisasi net sales Rp 431 miliar di 2024.

Sebagai bagian dari strategi pertumbuhan berkelanjutan, Perseroan akan memperkuat alokasi belanja pemasaran dari 18,20% menjadi 21,65%, disertai penyesuaian kebijakan diskon dan efisiensi pada biaya umum dan administrasi.

Proyeksi keuangan 2025 memperlihatkan outlook positif dengan estimasi laba usaha sebesar Rp 37 miliar (dari rasio terhadap net sales 4,70% di 2024 ke 7,33% di 2025), EBITDA Rp 50 miliar (dari rasio terhadap net sales 8,27% di 2024 ke 9,88% di 2025).

Baja juga:  VinFast dan PT Arimbi Amartapura Menandatangani Nota Kesepahaman Pengembangan 22 VinFast Store Di Indonesia

Kemudian laba bersih setelah pajak sebesar Rp 15,8 miliar (dari minus 1,03% ke positif 3,12%), membalikkan posisi rugi sebesar Rp 4 miliar yang tercatat pada tahun 2024. Rasio ROA dan ROE juga diproyeksikan meningkat signifikan.

“Kami percaya bahwa inovasi dan keberanian dalam bertransformasi adalah kunci kelangsungan bisnis. Tahun 2025 akan menjadi momentum penting bagi MBTO untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar kosmetik natural dan halal di Indonesia,” jelas Bryan David Emil, President Director PT Martina Berto Tbk.

Didukung oleh kekuatan merek legendaris seperti Sariayu, Biokos, dan Rudy Hadisuwarno Cosmetics (RHC), MBTO tidak hanya menghadirkan produk kecantikan, tetapi juga mengedepankan nilai keberlanjutan, pemberdayaan perempuan, serta inovasi berbasis bahan alam.

Baja juga:  Harga Emas Antam Hari Ini, 4 Januari 2024: Naik Rp2.000, Ini Penyebabnya

Keunggulan kompetitif MBTO mencakup portofolio produk yang luas, jaringan distribusi nasional, riset dan pengembangan berbasis herbal, serta optimalisasi kanal digital seperti TikTok Shop, Shopee, dan Tokopedia.

Fokus Strategis 2025

Transformasi digital dan penetrasi e-commerce melalui live streaming dan omnichannel

Inovasi produk berbasis bahan natural dan bersertifikasi halal, sesuai tren Gen-Z
Ekspansi ekspor ke kawasan ASEAN dan Timur Tengah

Efisiensi rantai pasok dan strategi lindung nilai kurs

Penyesuaian harga dan otomatisasi proses produksi

MBTO juga memperkuat sinergi dalam ekosistem bisnisnya melalui anak usaha strategis, yaitu PT Tara Parama Semesta yang mengelola jaringan Martha Tilaar Shop (MTS) sebagai flagship retail experience, dan PT Cedefindo, produsen jasa manufaktur kosmetik yang telah dipercaya oleh lebih dari 80% brand independen di Indonesia.

Peningkatan kinerja dari PT Cedefindo dan PT Tara Parama Semesta diharapkan berkontribusi terhadap pertumbuhan berkelanjutan MBTO secara konsolidasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *